Now Reading: Mereka Yang Telah Pergi

Bismillah..

Saat ini saya sedang membaca sebuah buku kumpulan biografi yang dahulu pernah dimuat dalam bentuk makalah di majalah Al Mujatama’, Kuwait. Ada 71 tokoh pergerakan Islam kontemporer dari seluruh dunia. Saya tertarik membeli buku ini karena di dalamnya ada beberapa tokoh yang saya kenal namanya, termasuk Dr. Muhammad Natsir. Satu2nya tokoh pergerakan Indonesia yg ada di buku ini.

Sebelumnya buku ini sudah ada di rak buku saya sejak tahun 2010 😀 waktu lagi nyari air zamzam yg dijual di Jakarta (ternyata harganya lumayan) Tapi selama itu belum saya baca sama sekali. Baru malam ini saja dan langsung loncat ke bagian akhir, tokoh dalam daftar nomor 71, Asy Syahid Abdullah Azzam. Saya bener2 ngefans sama beliau. Dr Abdullah Azzam (rhm) adalah tokoh yang menyebabkan saya mencintai Islam. Buku pertama yang saya miliki, Nasihat Lelah Pengemban Dakwah, betul2 menawarkan semangat dengan untaian sejarah rasulullah dan para sahabat. Saya terkesima dan tergerak untuk menjadi lebih baik. Saya bahkan baru membaca sirah setelah dicambuk nasihat2 beliau. Kata2nya begitu lugas, to the point, dan nancep.. Jlebb banget deh.. Dan sejak itu saya berusaha untuk terus membaca karya2nya, memahami perjalanannya, dari Palestina, Yordania, hingga syahid di bumi jihad Afghanistan. Dari beliau pula saya belajar, bahwa kita harus memadukan jihad fisik dan jihad lisan. Yang paling nancep, beliau adalah dosen juga mujahid, pendidikan beliau pun sampai tingkat Doktoral. Saya benar2 tertampar membaca biografinya. Ya Alloh, saya kok rindu ya sama sosok seperti beliau, semoga Alloh menempatkan ia di tempat terbaik.

Itu baru sosok Dr Abdullah Azzam. Masih ada 70 tokoh pergerakan lain, baik yang saya tahu namanya maupun tidak, yang sama sekali belum saya sentuh biografinya. Mereka telah menuliskan namanya dalam catatan panjang sejarah Islam. Akankah nama saya juga ada di dalam barisan pejuang Islam? Tidak tertulis di buku2 pun tidak apa ya Robb, itu tidak penting buatku, jadikan aku orang yg istiqomah di atas al haq, matikanlah aku dalam pelukan Islam. Aamiin..

Sejarah Islam selalu ditulis dengan hitamnya tinta Ulama dan merahnya darah Syuhada – Dr. Abdullah Azzam

Leave a Reply

