Puzzle Al Buthy

Bismillah..

Beberapa hari lalu dari grup Komite Nasional Untuk Suriah saya mendapat info bahwa Al Buthy mendukung Hasan Nasru Syaithon dan ingin menjadi jari2nya. Info itu beredar dari video youtube yang diunggah

Keterangan yang ada di grup adalah sbb:

Al-Buthiy: “Saya berharap bisa menjadi salah satu jari tangan Hasan Nashrullah (Nashrullatta)”. Itu jelas sekali bahwa dukungan Al-Buthiy kepada agama syiah nushairiyyah yang dipimpin Al-Asad bukan sekedar dukungan berlatar belakang politik… tapi sudah dukungan atas dasar akidah. Karena itu, kita tidak mentakwilkan ucapannya yang memfatwakan sujud kepada Al-Asad selain kekufuran dan kesyirikan..Kalau orang tahu mengenai Suria sejak zaman Hafez Al-Asad tentu dia tidak bicara yang menunjukkan kebodohannya..

lalu saya tanya ke temen2 di twitter yang kira2 ngerti, karena keterangannya dalam bahasa Arab, dan mendapatkan penjelasan yang berbeda, beliau bilang:

klipnya pendek, ia cuma bilang ingin jarinya seperti Hasan Nasrallah, digunakan utk perang lawan yahuud.. klip itu jauh dibuat sebelum revolusi Suriah, dan ada log…o Al-Manar-TV syiah lubnan, dan konteksnya berbeda, pengandaian sperti jari itu dibuat ketika Hasan Nasrallah melawan Israel… klip video itu disebarkan untuk menuduh Al-Buthi mendukung pembunuhan warga Suriah..

meski berakhir pada kesimpulan yang sama, rupanya sudah banyak masyaikh yang menganggap Al Buthy sebagai ulama nifaq, tapi menurut saya ada yang gak macth dengan munculnya klip itu. Sebagian orang berpendapat bahwa Al Buthy mendukung rezim Assad, padahal dalam klip itu gak ada keterangan lain. Barulah sama om @ahmadabr saya mendapat kejelasan hubungan Al Buthy dengan keluarga Assad. Dalam twitternya beliau bilang sejak tahun 80an ketika Al Hafez membantai 20000 warga Suriah, Al Buthy bungkam, makanya masih dari twitter @ahmadabr Syekh As-Shobuni (pengarang Sofwatut Tafasiir): Buthi dan Hasun ulama nifaq dan dholal http://bit.ly/GIthm6, Al Buthy diusir dari Mesjid Jami Umawi Dimasyq oleh masa http://bit.ly/GIsTE5, dari keterangan2 itulah saya menyimpulkan pemikiran Al Buthy..

cuma ibarat puzzle, ada satu bagian keterangan yang gak pas yang saya dapatkan tantang Al Buthy, saat ini saya masih menunggu kabar dari Ustadz yang pertama kali mengunggah video Al Buthy di facebook.

2 thoughts on “Puzzle Al Buthy

  1. Assalam akh,

    saya mencermati bahwa kitapun harus hati2 dengan berita yang beredar karena media sekarang berusaha memojokkan orang2 yang sungguh2 berjihad di jalan Allah. Video yang dirilis di youtube tsb juga pernah saya lihat saking penasaran apakah syaikh Al Buthi benar berbuat demikian. Video tsb juga tampil dalam blog khsus jurnalis barat (saya lupa alamatnya). Namun ketika saya masuk dalam blog jurnalis tersebut, ada aanalisis beberapa orang yang mengatakan video itu hasil manipulasi dan rekayasa. Video itu jauh dirilis sebelum peristiwa Haula terjadi sehingga si jurnalis barata meminta maaf dan mengakui bahwa beliah telah tertipu.

    Namun yang saya herankan, mengapa kita tidak bersikap hati-hati dan lebih kritis dalam mencari kebenaran? Syaikh Al buthi menurut saya bukanlah orang yang takut meskipun dalam ancaman dan beliau orang yang paham terhadap setiap apa yang dikatakan. Katakan yang benar meskipun pahit.

    YAng kita lihat adalah kulit luar dari semua peristiwa, bukan isi dalamnya. Saya berpendapat bahwa ada sesuatu yang “terlihat jelas” oleh Syaikh Buthi atas peristiwa yang terjadi yang mungkin belum terlihat oleh orang bahkan ulama lain. Hanya Allah yang tahu apa yg terjadi.
    MAri kita berbaik sangka dan mendoakan kebaikan untuk Ummat Islam.

    Wassalam

    • waalaikumussalam warohamtulloh wabarokatuh.. Allohu a’lam bishowab.. pembantaian yg terjadi di Suriah adalah fakta, tentang Al Buthy saya gak mendapat keterangan lain selain yg saya sebutkan di tulisan ini..

Leave a Reply

