YNWA

Bismillah,

Banyak peristiwa terjadi di bulan maret ini, dari yang bahagia hingga yg mengenaskan. Well, Maret dibuka dengan berbagai kesibukan menjelang pernikahan sahabat saya, Ningrum, lalu ditutup dengan sandiwara paripurna. Tapi saya gak mau bahas penutupnya hehe.. males banget.. meski demikian saya mengikuti perkembangan paripurna kemarin, anti demokrasi gak berarti buta terhadap konstitusi negara ini kan?

Anyway, akhir2 ini saya dekat dengan seorang kawan lama sejak sering pulang bareng terus ngobrol di jalan selama mempersiapkan pernikahan Ningrum kemarin. Alhamdulillah, dari pembicaraan2 itu saya beru mengenal pemikirannya. Saat ini beliau sedang berproses memahami hakikat demokrasi. Beliau bilang, “semakin dicari tau tentang demokrasi kok semakin tidak ya?” maksudnya semakin tidak sesuai dengan ajaran Islam, semakin banyak yang mengatakan tidak kepada demokrasi. Dan saya dengar, di tabligh sekolahnya nanti beliau berniat mengadakan kajian “Demokrasi, Haram atau Syirik?” dengan mengundang Ustadz Ihsan Tandjung. Beliau bilang lagi, “ternyata tidak ada pilihan lain selain HARAM atau SYIRIK, tidak ada kehalalan.” Alhamdulillah.. Semoga Alloh istiqomahkan ukht..

Tapi saya tetap gak bisa memaksanya untuk meninggalkan demokrasi jika beliau tidak menginginkannya. Dahulu saya pernah memaksa sodari2 saya dalam lingkaran untuk meninggalkan demokrasi, tapi tidak masuk ajakan saya. Mungkin cara saya yang salah, karena belum menjelaskan hakikatnya, dan tidak membiarkan mereka paham dahulu, malah menyuruh meninggalkan demokrasi. Saya sendiri saat itu pemahamannya masih sangat terbatas, tidak terlalu memahami hujjah. Jadilah saya yang meninggalkan mereka dan memilih jalan saya sendiri.

Gak jarang saya merasa sendiri, karena memiliki pemikiran yang berbeda dengan kebanyakan teman. Tapi saya punya Alloh.. When you feel alone, Alloh knows. ~ Zain Bikha

 

Leave a Reply

